Manfaat Daun Kelor Dalam Mengobati Kanker, Rematik, Asam Urat, Diabetes Serta Berbagai Manfaat Lain-nya

Manfaat Daun Kelor Dalam Mengobati Kanker, Rematik, Asam Urat, Diabetes Serta Berbagai Manfaat Lain-nya

Daun kelor bisa kita jumpai dengan mudah bukan ?

Hidup di daerah tropis adalah berkah tersendiri bagi warga Indonesia, sebab dengan mudah bisa kita jumpai berbagai tumbuhan dan sayuran yang memiliki kandungan obat herbal alami. Salah satu dari tumbuhan tersebut adalah daun kelor.

Daun ini bila kita cermati ternyata memiliki segudang manfaat bagi tubuh kita, namun sayang sebab jarang orang yang mengetahuinya. Diantara manfaat terpenting tersebut adalah mampu mengobati kanker dan diabetes.

Lalu bagaimanakah cara mengkonsumsi daun kelor ini ?

Simpel saja, ada dua cara menurut saya cara memperoleh khasiat dari daun ini. Pertama, anda bisa mengkonsumsinya dengan cara mengolahnya menjadi sayuran, yang ke-dua, anda ekstrak dahulu menjadi teh.

Untuk mengkonsumsinya dalam bentuk teh, pertama daun hijau harus anda kumpulkan dahulu dan bukan yang sudah kuning, jangan lupa pilihlah daun kelor yang masih segar. Tahap selanjutnya adalah proses pengeringan. Pengeringan lewat sinar matahari sebaiknya tidak anda lakukan sebab bisa mengurangi kekuatan nutrisi di dalamnya. Cukup anda keringkan dengan udara saja.  Lalu daun teh kelor yang telah kering lalu anda tumbuk dan dapat disimpan dan gunakan seperlunya.

Berikut adalah manfaat daun kelor dalam mengobati kanker, rematik, asam urat, diabetes serta khasiat-khasiat lain-nya:

a. Membunuh sel kanker 

Salah satu manfaat daun kelor yang perlu anda ketahui adalah mampu memperlambat bahkan membunuh sel kanker yang ada pada tubuh manusia. Hal yang demikian bisa terjadi sebab daun kelor ternyata mengandung anti oksidan yang cukup tinggi, selain anti oksidan, daun kelor juga kaya akan potasium.

b. Mencegah penyakit jantung dan menjaga jantung tetap sehat

Suatu penelitian yang diterbitkan oleh “Journal of Medicinal Food” menjelaskan bahwa daun kelor mampu mencegah kerusakan jantung serta mengandung anti oksidan yang baik bagi tubuh. 

c. Mampu mengobati penyakit rematik

Selain mampu membunuh kanker dan menjaga jantung, daun kelor juga mampu mengobati rematik. Dalam prakteknya, daun ini mampu mengurangi rasa sakit pada sendi serta dapat mengurangi penumpukan asam urat pada sendi dan bahkan bisa menyembuhkan penyakit tersebut.

d. Mengobati sakit diabetes

Manfaat lain dari daun kelor adalah mengobati diabetes. Hal ini terjadi sebab daun kelor memiliki kasiat mampu mengurangi kandungan gula dalam darah.

e. Menjaga mata tetap sehat

Selain kaya akan anti oksidan, daun kelor juga kaya akan vitamin A yang sangat baik untuk mata. Selain menjaga mata tetap sehat, daun kelor juga mampu menyembuhkan penyakit mata. Caranya anda bisa membasuhkan sisa air rebusan pada mata ataupun dengan mengkonsumsi masakan dain tersebut.

f. Mengatasi berat badan

Salah satu cara agar tubuh anda tetap memiliki berat yang seimbang adalah dengan mengkonsumsi daun kelor. Suatu studi menyebutkan bahwa teh daun kelor bisa membantu menangani masalah pencernaan serta merangsang metabolisme tubuh, sehingga tubuh bisa membakar kalori lebih cepat.

g. Salah satu penyedia energi bagi tubuh 

Meminum secangkir teh daun kelor setiap pagi mampu menguatkan bagian tubuh agar tetap aktif sepanjang sepanjang hari. Tubuh akan secara otomatis merasa baik dan ber-energi dari sebelumnya.

h. Mampu menyehatkan kulit

Selain kaya akan vitamin A, daun kelor juga kaya akan vitamin C dan anti oksidan. kedua zat ini baik untuk kesehatan kulit. Daun kelor yang dikonsumsi dalam bentuk sayuran secara teratur dapat melembutkan kulit dan menghindarkan akan timbulnya jerawat. Anda juga bisa menjadikanya masker muka dengan cara menumbuknya.

*Disarikan dari berbagai sumber.

Comments