24 manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh manusia

24 manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh manusia

24 manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh manusia


Berikut adalah 24 manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh manusia:

Salah satu sumber utama energi bagi tubuh 

Karbohidrat yang terkandung dalam pisang bisa menjadi sumber energi bagi tubuh. Dengan mengkonsumsi dua buah pisang sehari dapat meningkatkan sistem kekebalan  tubuh serta menambah energi.

Pisang goroho bisa meringankan diabetes

Pisang khausus dari daerah Gorontalo yaitu goroho yang kemudian dikukus lalu dicampur dengan kelapa parut muda yang dapat digunakan sebagai makanan tambahan untuk penderita diabetes.


Menurunkan obesitas

Bagi orang yang bermasalah dengan berat badan, mengkonsumsi buah pisang bisa membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena buah pisang memiliki kandungan kalori yang relatif kecil.

Meningkatkan kinerja otak

Dengan cara mengkonsumsinya secara rutin sehari secukupnya sebagai makanan pencuci mulut.

Mampu mengobati jerawat

Cara-nya, pertama hancurkan daging buah pisang yang sudah matang lalu oleskan pada wajah yang berjerawat. Diamkan selama beberapa menit dan lalu bersihkan menggunakan air. Ulangi-lah cara ini selama beberapa hari sampai jerawat hilang dan kulit pun menjadi bersih.

Mampu menghaluskan kulit wajah

Bagi orang yang memiliki kulit kasar maupun kering, daging buah pisang menjadi solusinya. Caranya, pertama hancurkan pisang lalu tambahkan dengan satu sendok madu. Gunakan untuk dijadikan masker pada wajah. Lakukan secara rutin dan kulit wajah akan menjadi halus.

Menyeimbangkan jumlah cairan dalam tubuh

Tubuh manusia membutuhkan jumlah cairan yang seimbang serta cukup agar bisa menunjang semua kinerja organ tubuh. Kandungan kalium pada buah pisang berperan penting untuk membantu menyeimbangkan jumlah cairan dalam tubuh.

Bisa mengobati sakit maag

Buah pisang mempunyai kandungan zat penangkal asam dalam tubuh sehingga dapat meredakan maag.

Bisa menyehatkan tulang

Manfaat lain buah pisang untuk membantu menyehatkan tulang. Hal ini dikarenakan, buah pisang ini merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan zat mangan yang cukup tinggi.

Mengatasi penyakit anemia

Buah pisang mempunyai kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga baik untuk penderita anemia dengan mengkonsumsinya 2 buah pisang setiap harinya secara rutin. Manfaat buah pisang ini untuk mengatasi kekurangan sel darah merah atau anemia.

Bisa menyembuhkan luka bakar

Anda bisa menggunakan salah satu bagian pohon pisang untuk menyembuhkan luka bakar. Caranya adalah; ambil abu daun pisang yang terbakar dan kemudian tambahkan minyak kelapa lalu oleskan pada kulit yang terkena luka bakar.

Mencegah penyakit jantung

Buah pisang ini bisa mencegah penyakit jantung, sebab mengandung kandungan vitamin C dan flavonoid yang memiliki sifat antioksidan serta dapat mencegah proses oksidasi lemak. Zat kalium yang terdapat dalam buah pisang adalah zat yang baik bagi jantung. Serat pektin-nya juga berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol.

Meningkatkan mood

Buah pisang berguna untuk membantu meningkatkan suasana hati sehingga mood menjadi stabil agar tidak stres.

Melancarkan pencernaan


Dengan mengkonsumsi buah pisang dengan rutin bisa membantu kinerja pencernaan sehingga berbagai nutrisi dan gizi makanan yang dikonsumsi bisa diserap secara optimal.

Mengatasi gatal gigitan nyamuk

Rasa gatal yang diakibatkan gigitan nyamuk dapat dihilangkan dengan pisang. Caranya ambil kulit pisang dan oleskan secara perlahan ke daerah yang terkena gigitan nyamuk.

Mampu melancarkan peredaran darah

Buah pisang mengandung kalium dan potasium yang bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi tubuh sehingga peredaran oksigen ke otak menjadi lebih lancar. Kalium juga bermanfaat untuk membantu melancarkan denyut jantung, mengurangi resiko terserang stroke, dan mengatur tekanan darah.

Mengurangi nyeri haid

Jika anda sering merasakan nyeri setiap kali haid, maka atasilah dengan menggunakan buah pisang. Konsumsi buah pisang, maka rasa nyeri tersebut bisa mungkin berkurang.

Mengobati sembelit

Pisang juga bermanfaat sebagai obat sembelit serta membantu memperlancar buang air besar secara alami. Makanlah buah pisang untuk menghindari mengerasnya feses yang merupakan gejala awal sembelit.

Kaya akan kandungan vitamin dan serat

Pisang kaya akan kandungan potasium dengan kadar potasium mencapai 400mg di dalam pisang yang berukuran sedang. Oleh karena itu buah ini wajib dikonsumsi untuk tetap dapat menjaga kesehatan jantung. Buah ini juga memiliki 2 kali karbohidrat dan 5 kali kandungan vitamin A dibandingkan dengan buah apel. Manfaat lainya dari buah pisang ini adalah:

-Mengurangi pembengkakan
-Melindungi resiko diabetes tipe II 
-Memperkuat sistem saraf tubuh 
-membantu menurunkan berat badan
-membantu memproduksi sel darah putih

Comments