10 Manfaat Penting Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh Manusia serta Pengobatan

10 Manfaat penting buah pepaya untuk kesehatan tubuh manusia serta pengobatan penyakit

0 Manfaat penting buah pepaya untuk kesehatan tubuh manusia serta pengobatan penyakit
Buah pepaya di pekarangan rumah

Anda orang Indonesia pasti mengenal buah ini. Hal ini terjadi sebab buah satu ini sangatlah murah bahkan gratis anda dapatkan yaitu jika anda hidup di pedesaan. Seringkali buah ini tumbuh di pekarangan rumah kita tanpa kita tanam. 

Buah ini pun beraneka ragam dari yang berbentuk bulat sampai yang memanjang dan ada juga yang jumbo. Di kampung-kampung, ibu-ibu biasanya memetik daun pepaya muda untuk dijadikan sayur kulup. Mereka percaya bahwa daun pepaya mampu menyehatkan tubuh mereka. Nah jika anda penasaran dengan manfaat buah pepaya ini, berikut saya paparkan 10 Manfaat penting buah pepaya untuk kesehatan tubuh manusia serta pengobatan.

Berikut 10 Manfaat penting buah pepaya untuk kesehatan tubuh manusia serta pengobatan:

a. Mengobati gigitan ular berbisa

Siapkan 5 ruas jari akar pepaya, bersihkan dengan air, haluskan dengan ditumbuk, balurkan obat ini pada kulit yang tergigit. Setelah itu dibalut menggunakan kain lap, ganti 2 kali sehari. Lakukan hal ini sesegera mungkin jika anda tergigit ular tersebut.

b. Mengobati luka kulit yang melepuh akibat terbakar

Jika kulit anda melepuh akibat terbakar atau terkena knalpot yang panas, segeralah untuk mengobatinya dengan ramuan ini. Ambil kulit buah pepaya dari pekarangan rumah anda, peras dan tampung getahnya. Kemudian oleskan pada kulit yang melepuh secara merata, diamkan seharian. Jika kulit yang melepuh terlalu lebar, gunakan daging buah pepaya yang ditumbuk untuk mengobatinya.

c. Membantu mengobati demam atau malaria

Caranya, ambil selembar daun pelaya, kemudian tumbuk hingga memenuhi 1/2 gelas. Lalu tuangkan air sebanyak 3/4 gelas, dan masukkan garam. Peraslah daun pepaya tersebut, saring airnya lalu minum 3 kali sehari. Pengobatan ini bisa Anda lakukan minimal 5 hari berturut-turut dalam seminggu.

d. Meredakan sakit Flu

Caranya petiklah dua lembar daun pepaya yang masih muda, lumatkan, tuangkan air, setelahnya diperas. Tambahkan garam dan minum air perasan daun pepaya ini sehari 2 kali untuk dosis anak-anak, dan 4 kali sehari untuk dosis orang dewasa.

e. Menangkal Radikal Bebas

Rajin-rajinlah anda memakan buah pepaya sebab kandungan antioksidannya mampu menangkal radikal bebas. Sebab Jika tubuh anda mengalami radikal bebas, kulit akan menanggung beragam masalah seperti cepat keriput. 

f. Menyehatkan kulit

Buah  pepaya mempunyai banyak manfaat dalam hal kecantikan maupun kesehatan. Buah ini secara aktif bermanfaat untuk mencerahkan serta menyegarkan kulit yang kusam. Hal ini terjadi disebabkan oleh kandungan vitamin A, C dan E dalam buah pepaya.

g. Menyehatkan mata

Jika Anda selalu bekerja di depan komputer, maka penuhilah kebutuhan nutrisi mata anda dengan mendapatkan asupan vitamin A agar mata tetap sehat dan segar. Caranya dengan rutin mengkonsumsi daging pepaya pada jam-jam tertentu, misalnya sehabis makan atau waktu istirahat. Dengan cara tadi maka risiko mata mengalami kerusakan semakin kecil.

h. Mampu menambah nafsu makan anda

Jika anda atau si kecil sedang mengalami penurunan nafsu makan maka cobalah meminum obat alami untuk merangsang nafsu makan ini. Caranya adalah dengan memetik selembar daun pepaya, cuci dan lumatkan dengan tangan. Tambahkan garam dan air sedikit demi sedikit sebanyak 1/4 gelas, peras daun.  Minum airnya sampai habis.

i. Mengobati sakit gigi

Caranya cukup sederhana yaitu dengan meneteskan getah daun pepaya muda pada gigi yang sakit menggunakan kapas. Lakukan hal tersebut hingga semua bakteri terbunuh dan rasa sakit gigi mereda.

j. Mengoptimalkan aktifitas pencernaan

Buah ini adalah salah satu buah yang sangat baik untuk sistem pencernaan anda. Hal ini terjadi sebab kandungan serat yang tinggi pada buah pepaya akan mampu diserap dengan sempurna oleh sistem pencernaan tubuh. Sedangkan kandungan antioksidan-nya mampu membersihkan sisa makanan pada usus dan membuangnya melalui saluran pembuangan. 

Manfaat lain dari buah ajaib ini adalah: buah ini mengandung enzim arginine yang memiliki fungsi untuk memperlancar aliran darah pada alat reproduksi pria dan juga memperlancar produktivitas asam nitrat dalam tubuh sehingga mampu merileksasikan otot-otot di sekitar pembuluh darah. Hasilnya jaringan reproduksi pria akan membesar dalam waktu yang signifikan seiring banyaknya enzim arginine yang masuk ke dalam tubuh.

Comments