Anggrek (Orchidaceae)


ANGGREK






Anggrek dikenal sebagai salah satu bunga hias yang sangat populer dan banyak diminati. anggrek atau bahasa latinnya Orchidaceae merupakan salah satu suku bunga bungaan yang memiliki jenis terbanyak diantara suku yang lain.


Jenis Anggrek : 
Beberapa jenis anggrek yang diketahui antara lain; Vanda tricolor, Vanda hookerian, anggrek larat/Dendrobium phalaenopis,anggrek bulan/Phalaenopsis amabilis, anggrek Apple Blossom, anggrek Paphiopedilun praestans serta anggrek Paphiopedilun glaucophyllum.

Syarat tumbuh : 
Anggrek umumnya muncul di hutan-hutan tropis dan menumpang pada tanaman lain. Angin dan curah hujan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman anggrek. Suhu minimum untuk pertumbuhan anggrek adalah 12,7 derajat C. Kelembaban udara di siang hari 65-70%. Ketinggian tempat anggrek panas 0 - 650 m dpl, anggrek sedang 150-1500 m dpl, dan anggrek dingin diatas 1500 m dpl.

Media Tanam: Media tanam anggrek meliputi serat pakis yang telah digodok, kulit kayu yang dibuang kulitnya, serabut kelapa, potongan batang pohon, arang kayu, pecahan genting/batu bata.

Pemupukan : Pemberian pupuk dapat dilakukan pada tiga fase pertumbuhan anggrek. penggunaannya dengan menggunakan pupuk buatan N:P:K untuk anggrek ukuran kecil/bibit dengan perbandingan 6:3:1, ukuran sedang 3:3:1 dan ukuran berbunga 1:6:1

Hama : Jenis hama yang sering menyerang tanaman anggrek antara lain; Tungau/ kutu perisai, semut, Trips, kutu babi, keong, red spinder, kumbang, ulat daun, kepik, dan kutu tudung.

Penyakit : buluk, rebah kecambah bercak coklat, bercak hitam, busuk akar, layu, busuk lunak, bercak bercincin, cymbidium, dan busuk hitam. 

Umur Panen : Umur tanaman anggrek berbunga, tergantung jenisnya. Umumnya tanaman anggrek dewasa berbunga setelah 1-2 bulan ditanam. Tangkai bunga yang dihasilkan kira-kira 2 tangkai dengan jumlah kuntum sebanyak 20-25 kuntum pertangkai.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Anggrek (Orchidaceae)"

Posting Komentar