SAWO KECIK (Manilkara kauki)


SAWO KECIK  (Manilkara kauki)



Syarat Tumbuh
Tanaman Sawo kecik dapat berkembang dan berproduksi dengan baik di dataran rendah  sampai 700 m dpl. Jenis tanah yang sesuai untuk sawo yaitu alluvial loams, lateritic soils, medium black soils, dan loamy soils dengan pH antar 4-6. Curah hujan yang dibutuhkan tanaman sawo  yaitu 12 bulan basah, atau 10 bulan basah 2 bulan kering, atau 9 bulan basah 3 bulan kering, atau 7 bulan basah 5 bulan kering, atau 5 bulan basah 7 bulan kering. Kedalaman air tanahnya 50 sampai 200 cm.

Media Tanam
Media tanam sawo kecik di dalam pot berupa campuran pupuk kandang/kompos, sekam dan tanah dengan perbandingan 1:1:1. Kedua bahan ini dicampur rata sebelum dimasukkan ke dalam pot.

Cara Penanaman
Pertama-tama, lepaskan tanaman dari polybag atau pot. Iris salah satu sisi polybag dari atas ke bawah. Lepaskan polybag secara perlahan agar bola akar tidak pecah. Lalu isi dasar pot dengan media tanam dengan ketinggian 1/3 dari kedalaman pot. Setelah itu masukkan tanaman ke dalam pot. Isi ruang-ruang kosong di sekeliling bola akar dengan media campuran hingga mendekati permukaan atas pot. Tanaman siap ditempatkan.

Hama dan Penyakit
Hama yang biasa menyerang yaitu buah busuk di bagian dalam buah, disebabkan oleh lalat Ceratitis capitata atau lalat Dacus sp dan kutu hijau (Lecanium viridis atau coccus viridis) dan kutu coklat (Saissetia nigra),yang menyebabkan ranting muda dan daun-daun sawo mengkerut, layu, kering, dan terhambat pertumbuhannya,. Untuk mencegah busuk buah, dilakukan dengan memberongsong buah sawo dengan kertas semen atau dilakukan pengasapan dengan Diasinon 60 EC dosis 1-2 cc/l atau basudin 50 EC dosis 2 cc/l. Sedangkan untuk mengatasi kutu hijau / coklat dilakukan penyemprotan fungisida cupravit OB21 4 g/l setiap 3 minggu sekali.

Perawatan
Perawatan yaitu pemupukan, pemangkasan, dan penggantian media tanam. Penyiraman setelah tanam dilakukan bila tanah dan media tanam kering. Bila tanah dan media tanam telah lembab, penyiraman tidak perlu dilakukan. Pemupukan dilakukan 3 bulan setelah tanam. Pengendalian gulma secara manual.
Pemupukan perlu dilakukan untuk membuahkan tanaman sawo dalam pot setiap 2 bulan sekali pupuk NPK (10:20:15) diberikan sebanyak 50 g/tanaman.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "SAWO KECIK (Manilkara kauki)"

Posting Komentar